Monday, May 28, 2012

Goodreads

Kali ini saya ingin membahas dan mudah-mudahan bisa menularkan kebiasaan positif pada Anda2 semua, yaitu membaca. Di sini saya akan membahas situs yang bisa dikatakan sebagai Facebook untuk penggemar buku. Sebagai situs social network (jejaring sosial) dengan Buku sebagai basisnya, situs ini bisa dikategorikan sebagai satu dari sedikit situs fungsional yang unik. Situs ini bernama Goodreads.

Fitur utama yang ditawarkan oleh situs ini adalah menyimpan review2 buku dari para penggemar buku, bukan oleh penjual ataupun penerbit. Dengan adanya feed review dari pembaca, maka sudut pandang pembaca dapat terwakili secara sempurna.

Fitur kedua adalah bookshelf (rak buku). Fitur ini akan menyimpan buku apa saja yang kita punya, sudah kita baca, sedang kita baca, atau bahkan yang ingin kita baca. Dengan fitur ini, kita bisa pamer ke pengguna lain berapa banyak buku yang sudah kita baca. Selain itu juga bisa menjadi semacam update status untuk penggemar buku. Hebatnya lagi, fitur ini juga bisa terhubung dengan timeline akun Facebook kita!

Fitur yang ketiga adalah Group. Bagi pengguna Facebook saya rasa sudah paham dengan fitur ini. Intinya adalah di sini adalah forum untuk berdiskusi seputar topik tertentu. Bagi kamu2 yang baru bergabung, jangan lupa untuk join ke Goodreads Indonesia.

Fitur minor lainnya di antaranya adalah menambah buku dan juga mencari buku. Tentu saja bila ada di basis data Goodreads. Dengan fitur ini, Anda bisa melihat daftar buku dari penulis favorit Anda.

Kekurangan dari situs ini sebenarnya hampir tidak ada. Hanya ada beberapa di dalam catatan saya. yang pertama yaitu untuk menjadi librarian, istilah untuk pengguna yang bisa melakukan editing pada basis data, harus mencapai 50 buku. Saya yang punya speed lambat ini baru punya 21 buku, padahal sudah bergabung sejak 2011. Kekurangan lainnya adalah situs ini menggunakan UI bahasa inggris, karena memang berbasis di luar negeri.

Selamat bergabung!

No comments:

Post a Comment