Wednesday, May 2, 2012

Tentang Yahoo! Answers Indonesia

Belakangan ini saya sering melirik situs Yahoo! Answers Indonesia. Namun setelah melihat isinya saya cukup terkaget2. Alasannya, yang pertama: pengguna2-nya lebih aktif dibanding awal2 pemunculannya dulu. Namun yang lebih mencengangkan itu adalah: kualitas pertanyaan di dalamnya... kacau!

Untuk alasan yang pertama, saya pikir ini dikarenakan situs ini sudah dapat diakses menggunakan piranti mobile. Sedangkan alasan yang kedua, ini tentu masih terkait dengan yang pertama, semakin banyak jumlah masukan, semakin menurun-lah kualitas dari masukan2 tersebut.

Pertanyaan yang umum-nya ada di situs ber-UI bahasa indonesia ini di antaranya: tanya jawaban PR, bagi2 link twitter/FB fanpage...! Yang lain lagi, tanya seputar TIK yang sangat mendasar seperti mengganti password email/FB...? Yang lebih parah lagi, pertanyaan2 ofensif yang menyangkut isu2 agama (SARA).

Bukan bermaksud sok pintar dan sok bijak sih, tapi sepertinya para pengguna teknologi di Indonesia masih banyak yang belum paham tentang Online Research (juga, secara umum, belum bijak memanfaatkan TIK), bahasa gampangnya Googling. Namun memang saya sadari kalo konten2 berbahasa indonesia yang komprehensif dan faktual masih sangat jarang keberadaannya di dunia maya ini. Sebut saja Wikipedia, meskipun saya merupakan salah satu Pengguna Terdaftar, tetapi saya masih kurang bersemangat untuk melengkapi konten2 yang ada di dalamnya. Saya lebih suka untuk membuat artikel2 rintisan, daripada menerjemahkan artikel dari bahasa inggris yang lengkap, ke bahasa indonesia yang kurang lengkap. Alhasil, kualitas dari konten WBI ya masih segitu2 aja.

Kembali ke Answers, saya ingin memberikan sedikit saran: untuk pengguna yang ingin ber-diskusi soal agama, sebaiknya masuk ke Kaskus saja. Untuk yang tanya2 PR, baca ini: materi belajar mandiri (walau sepertinya lebih tepat baca buku teks masing2, atau belajar kelompok...) Untuk yang ingin menambah follower, sebaiknya buat blog dan isi dengan tulisan2 yang bermutu, baru sisipi artikel dengan Follow Me...

Akhir kata, memang saya sadari tulisan saya ini terkesan menghakimi. Buat yang tersinggung, saya mohon maaf. Semoga sedikit menyadarkan bermanfaat!

Update:
Saya baru tahu kalau beberapa bulan terakhir, situs kaskus sedang down. Mungkin inilah alasan semakin ramainya Y!Answers. Oke deh, selamat blogwalk!

No comments:

Post a Comment