Wednesday, May 16, 2012

Panas Bumi Kita

Kemarin, saya tanpa sengaja menonton berita tentang perkembangan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP), Ulubelu, Lampung. Yang saya sayangkan, saya menontonnya di televisi asing, yaitu NHK World. Adapun proyek ini memang sengaja mendatangkan ahli2 dari Jepang yang salah satunya berprofesi sebagai Geo-physicist. Karena cukup penasaran dengan perkembangan proyek ini, maka saya Google dan temukan artikel berikut ini:

PLTP Ulubelu Beroperasi 2012

JAKARTA. Pembangkit  Listrik  Tenaga Panas  Bumi  (PLTP) dengan kapasitas  2x55  Megawatt  (MW)  akan  beroperasi  pada  akhir  2012.

Manager Komunikasi  Pertamina  Geothermal Energy  (PGE)  Adiatma  Sardjito mengatakan saat ini untuk pembangunan proyek tersebut  sedang  dalam proses  Engineering, Procurement, Construction (EPC). “PLTP ulubelu akan beroperasi pada akhir 2012,”ujar dia di Jakarta  Kamis  14 Oktober  2010.

Dia  menjelaskan, untuk harga  jual  uap  sudah  disepakati  antara  PLN dan PGE  dengan  harga  US$4,2 sen per kilowatt hour (kwh).

Sementara itu,  Staf Ahli Menteri  Bidang Komunikasi  dan Informasi  Kementerian Energi  dan Sumber  Daya Mineral  (KESDM)  Kardaya Warnika menuturkan, PLTP Ulubelu merupakan  salah  satu proyek yang dikejar pemerintah  dalam program  peningkatan pemanfaatan  panas  bumi  guna mendorong pemanfaatan Energi Baru Terbarukan (EBT). “Untuk Ulubelu  saat ini sudah dalam tahap evaluasi  harga,”kata dia.

Selain PLTP Ulubelu, lanjut dia, proyek PLTP lain  yang  dimasukan  dalam target  peningkatan  pemanfaatan panas bumi  yaitu  PLTP Lahendong (Sulawesi  Utara) yang saat ini dalam  tahap pekerjaan fasilitas, penyelsaian  PLTP Sarulla (Sumatera Utara) sedang  dalam  tahap verifikasi  oleh  Badan Pengawasan Keuangan  dan Pembangunan (BPKB)  serta  PLTP Ulumbu (NTT) dengan kapasitas 5 MW yang  sedang  dalam disain ulang. 
 
Wow! Tadinya saya berpikir belum ada proyek seperti ini dalam jangka pendek. Cerita yang sering saya dengar adalah dikarenakan lahan2 potensial panas bumi berada di kawasan hutan lindung atau sejenisnya. Memang seperti buah simalakama, namun menurut saya ini jauh lebih baik ketimbang alih lahan pertanian menjadi Mall.
 
FYI, Indonesia merupakan negara terbesar di dunia yang memiliki potensi sumber daya panas bumi. Disebutkan, dari seluruh potensi yang ada di dunia, sekitar 40% potensi PB terdapat di negara kita! Hal ini masih terkait dengan posisi Indonesia yang terletak di Ring of Fire.

Untuk proyek yang satu ini, saya kasih ijo-ijo deh buat Pertamina. Tetapi untuk urusan Petral, cukup bata. Tentang proyek ini,  sepertinya juga pernah ditulisnya, merupakan salah satu proyek yang ditunggu2 oleh Pak Dahlan Iskan. Jadi, ya kita nantuikan saja. Apakah janji "Akhir Tahun 2012" dapat terjawab atau tidak.

Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment