Saturday, June 2, 2012

Kebakaran Bus TransJakarta

Ini merupakan percobaan riset online. Saya akan mengumpulkan data2 berbasis Google. Apa yang saya riset? Riset "main2" ini hanya akan mendaftar secara kronologis kejadian: Kebakaran Bus TransJakarta.

Data paling lama adalah Senin, 1 Agustus 2011, Bus Trans Jakarta Terbakar.
Kemudian: "Bus Trans Jakarta terbakar di dekat halte Busway Jembatan Baru, Rabu 21/12/2011 jam 02:30pm". Sumber: http://www.youtube.com/watch?v=wnQ9KaTFUIU&noredirect=1.
Lagi: 13 Januari 2012, http://news.detik.com/read/2012/02/12/203309/1840579/10/bus-transjakarta-terbakar-di-depan-sarinah-dua-penumpang-terluka
Lagi: 12 Februari 2012, http://news.detik.com/read/2012/02/12/203309/1840579/10/bus-transjakarta-terbakar-di-depan-sarinah-dua-penumpang-terluka 
Terakhir: 2 Juni 2012. Sumber: http://us.metro.vivanews.com/news/read/320149-transjakarta-ludes-terbakar-di-bundaran-hi


Dan berikut adalah rekapitulasi datanya:
  • Tanggal: 1 Agustus 2011, koridor III jurusan Kalideres - Harmoni, lokasi: depan Mall Citraland Grogol, Jakarta Barat.
  • Tanggal: 1 Oktober 2011, koridor V (Kampung Melayu – Ancol), lokasi: halte Kebon Pala, Jl Matraman Raya, Jatinegara, Jakarta Timur.
  • Tanggal: 21 Oktober 2011, koridor IX (Pluit - Pinangranti), lokasi: Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG) Pinangranti, Jakarta Timur.
  • Tanggal: 1 Nopember 2011, koridor V jurusan Kampung Melayu - Matraman, lokasi: Jalan Jatinegara Barat Kampung Melayu, Jakarta Timur. (berasap tebal)
  • Tanggal:  21 Desember 2011, koridor III jurusan Kalideres, lokasi: dekat halte Busway Jembatan Baru.
  • Tanggal: 13 Januari 2012, koridor VI (Dukuh Atas-Ragunan), lokasi: lampu merah Mampang, Jakarta Selatan.
  • Tanggal: 12 Februari 2012, koridor I jurusan Stasiun Kota-Blok M, lokasi: dekat Sarinah.
  • Tanggal: 2 Juni 2012, koridor I jurusan Blok M - Jakarta Kota, lokasi: depan Bundaran Hotel Indonesia.
Jadi menurut catatan saya ini, tidak kurang dari 8 kali Bus TransJakarta mengalami kebakaran di jalan. Sebagai catatan, secara umum Bus TransJakarta menggunakan Bahan Bakar Gas (BBG), namun ada pula yang masih menggunakan solar. Akankah daftar ini bertambah panjang di kemudian hari? Apakah kendaraan BBG begitu tidak aman?

Update: Pun demikian, saya tetap menyarankan Anda untuk menggunakan fasilitas ini. Lho? Karena, bagaimana pun juga, proyek ini adalah gagasan yang mencoba untuk memberikan alternatif solusi atas kemacetan di Ibu Kota kita tercinta. Alasan kedua, dari seluruh kecelakaan yang sudah terjadi itu, belum ada laporan korban luka serius, apalagi korban jiwa. Artinya Bus TransJakarta masih cukup aman untuk dimanfaatkan.

2 comments:

  1. Jadi mikir-mikir mau naik transjakarta!
    Thanks infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mikir2 boleh, tapi anti-busway jangan ya! Hehehe...

      Delete