Wednesday, June 13, 2012

Japanese Arts

Saya sering menonton acara2 televisi di kanal NHK World. Sebuah kanal televisi asing, yang dapat ditayangkan di Nusantara karena disiarkan melalui satelit Palapa. Banyak yang saya dapat dari acara2 mereka. Yang paling utama adalah tentang sains. Hal lainnya adalah seni rupa, anime-game, teknologi, humaniora, dan musik. Namun dari kesemuanya itu, kali ini saya ingin membahas beberapa seni yang pernah dibahas di tivi tersebut.

Woodblock Printing (moku hanga)
[Image]
Sumber: http://bokunen.com/
Sejujurnya, saya lebih senang jika Anda melakukan eksplorasi sendiri menggunakan mesin pencari dari istilah2 yang saya berikan di sini. Sebenarnya ini merupakan jenis karya seni yang bisa dikatakan "kuno". Namun ada sebuah nama yang membuatnya menjadi sangat menarik. Beliau adalah Naka Bokunen. Coba cari video saat ia sedang membuat karyanya. Mungkin agak sulit, karena mungkin diperlukan sedikit pengetahuan tentang karakter jepang.

Yang bisa saya ceritakan adalah kecepatannya dalam membuat sebuah karya. Fantastis! Ia bercerita alasan mengapa ia melakukan hal ini adalah karena ia tidak ingin sampai kehilangan momen dan gambaran yang hinggap di kepalanya. Ia menggambarkan bahwa ia serasa sedang menggali suatu karya indah yang tersimpan di dalam sebuah balok kayu.

Hal lain yang menarik adalah tentang teknik mewarnai. Karena karya dibentuk dalam bentuk ukiran, maka harus dilakukan proses sablon untuk memunculkan karya yang sesungguhnya. Momen inilah yang membuatnya paling bahagia bila dibandingkan dengan proses lainnya. Setelah proses sablon dengan tinta berwarna hitam ini selesai, maka selanjutnya akan diikuti oleh proses pewarnaan. Proses ini pun tidak kalah unik, yaitu menggunakan sisi belakang sebagai media pewarnaan.

Paper Cutting (kamikiri)
Yang satu ini pun punya kemiripan dengan karya seni sebelumnya. Kali ini adalah seni memotong kertas. Yang menakjubkan adalah, jenis seni ini dipertunjukkan langsung ala Standup Comedy. Dan yang pasti, kecepatan memotong kertasnya amat luar biasa. Dan hasilnya, spektakuler! Boleh lihat sendiri contoh video kamikiri di sini.

Strandbeest
Theo Jansen adalah namanya. Memang ia bukan seorang berkebangsaan Jepang, melainkan Belanda. Namun ada yang khas dari apa yang telah dilakukannya, yaitu memadukan seni dan teknologi. ini mengingatkan saya pada acara DW-TV, Arts-21. Apa yang dibuatnya adalah sebuah karya seni bergerak tanpa sumber energi elektronik. Sudah ada videonya di youtube, bisa di-cek langsung.

No comments:

Post a Comment