Saturday, June 2, 2012

Arti Sebuah Jumlah

Entah mengapa, setelah membaca beberapa posting tentang kontroversi Lady Gaga vs FPI, muncul di benak saya tentang ide "Apakah arti suatu jumlah?" Adapun yang menjadi "pemicu" dari ide ini adalah jumlah Komentar dari posting itu. Tulisannya sederhana: 475 Responses to “FPI". Kalo mau tahu ini situs blog-nya Pandji Pragiwaksono.

Mengingat saya bukan sarjana jurusan statistika, I really have no idea about this matter. Yang saya tahu, sebagai blogger pemula, arti dari jumlah adalah: betapa susahnya mendapatkan komentar dari pembaca blog saya. Kalo dihitung-hitung hanya 1 dari 10 pembaca tulisan saya yang menyempatkan diri untuk berkomentar. Ya memang, ini berarti tulisan saya perlu dipermak lagi kualitasnya. Sehingga, dari sini saya sedikit mengerti salah satu Arti dari Jumlah. Dapat menggambarkan suatu apresiasi!

Dari contoh di atas, saya mendapatkan satu pencerahan, bahwa sebuah jumlah baru punya arti setelah dibandingkan dengan jumlah lain dalam konteks yang serupa. Coba kita ambil sebuah jumlah yang cukup familier, yaitu jumlah penduduk Indonesia di tahun 2010. Jumlahnya adalah 237.556.363 orang. Coba bandingkan dengan jumlah penduduk Jawa Timur pada tahun 2005 sebesar 37.070.731 jiwa. Buat saya, membandingkan dua jumlah ini masih tidak memiliki arti. Coba dengan satu data lain, yaitu jumlah penduduk Singapura, secara keseluruhan yang mencapai 5,08 juta pada akhir Juni 2010. Mungkin masih belum muncul korelasi yang signifikan.

Yang membuat data2 tersebut punya makna (menurut saya) adalah wawasan kita tentang topik2 lain. Sebut saja kemajuan negeri Singapura, atau secara statistik digambarkan oleh pendapatan per kapita. Sepertinya, nama Jawa Timur masih kalah dalam hal kemajuan ekonomi dibanding Singapura, padahal penduduknya memiliki perbandingan 5:1!

Hal yang kedua adalah tentang isu disintegrasi bangsa. Sebenarnya amit2 untuk ngebahas masalah ini, tetapi coba dibayangkan bila Jawa Timur saja bisa menjadi 5 negara baru bila diambil dasar sebuah negara baru dengan penduduk sebesar Singapura. (Mungkin bakal ada yang namanya negara Madura..., amit2 deh!)

Beberapa waktu yang lalu, di tivi ada bahasan tentang 3 akun twitter artis terpopuler. Seingat saya artis tersebut adalah: Agnes MonicaSherina Munaf, dan Sule Sutisna. Angkanya berkisar pada 1 juta. Dalam kasus ini, banyaknya follower dapat disimpulkan berbanding lurus dengan popularitas. (Meskipun saya agak kurang yakin, mengingat un-follow adalah aksi yang sedikit merepotkan).

Di akhir tulisan ini, saya masih belum mendapatkan jawaban yang cukup memuaskan tentang Apakah Arti Sebuah Jumlah. Tetapi ada satu makna lainnya, yaitu Impossible! Yakni ketika saya melihat follower dari blog ini: http://kancut-beringas.blogspot.com: 1911 followers! (sementara blog saya ini...)

No comments:

Post a Comment