Tuesday, September 6, 2011

Search Engine Optimization: Dasar

SEO adalah proses2 yang diambil untuk mengusahakan agar suatu situs dapat dicari melalui/menggunakan situs search engine sesuai dengan kriteria tertentu yang telah direncanakan. Hal yang paling umum adalah kriteria agar dengan pencarian kata kunci yang telah kita tentukan, situs yang kita optimize dapat menjadi entri nomor satu.

Kesalahan mendasar yang sering terjadi adalah pemilik situs tidak mengerti SEO dengan benar. Kesalahan yang umum adalah  pemilik situs ingin situs mereka menjadi nomor satu di SE, dan tugas ini adalah tugas Anda seorang! Apa?


Dasar utama, seperti hal lainnya, adalah masalah pola pikir. Antara lain:
  • SEO bukan abra-cadabra
  • SEO adalah kerja tim
  • Hasil dari SEO membutuhkan waktu

Sedangkan dasar yang pertama, secara teknis, adalah memahami jenis situs Anda, dan kemudian menyimpulkan tujuan yang hendak dicapai. Sebagai contoh, situs belanja online tentu memiliki tujuan agar penjualan OL-nya meningkat. Situs donasi memiliki tujuan untuk meningkatkan jumlah donasi dari pengunjung situsnya.

Langkah yang kedua adalah membuat satu halaman khusus, yang sering disebut dengan landing page. Di halaman inilah akan kita "jejalkan" kata kunci yang sesuai dengan tujuan situs kita. Jangan lupa untuk memberikan link2 yang akan mengantar pengunjung situs ke halaman eksekusi, misalnya halaman pembelian barang untuk situs belanja online.

Langkah ketiga yaitu mendaftarkan situs ke search engine. Mungkin banyak pemula yang hanya menunggu situsnya terdaftar di halaman SE. Padahal situs SE menyediakan fasilitas untuk mendaftarkan situs kita. Contohnya: Submit Site to Google

No comments:

Post a Comment