Tuesday, September 6, 2011

Petunjuk arah lokasi wisata kota Batu 2

Dan berikut akan saya jelaskan sedikit tentang lokasi wisata di kota Batu yang lainnya.

Sengkaling
Tempat rekreasi ini sangat populer di kalangan warga lokal. Rekreasi yang paling populer di sini sangatlah simpel: kolam renang umum. Pada event tertentu seringkali terdapat hiburan musik di lokasi ini, khususnya musik dangdut.

Adapun lokasi taman rekreasi Sengkaling ini sedikit unik, jauh dari pusat kota Batu pun jauh dari pusat kota Malang. Simpelnya, lokasi TRS adalah di jalan antara kota Malang dan kota Batu, tepatnya di daerah Dau, atau lebih terkenal dengan sebutan Sengkaling. Ada beberapa arah yang mungkin Anda lalui. Dari kota Batu, cukup ikuti jalan menuju kota Malang. Bersiagalah ketika sudah melewati pertigaan pendem (terdapat jalan ke arah kiri, Anda lurus saja). Sekitar 1 km dari sana, Anda akan menemukan gerbang masuk TRS di arah kiri jalan.

Jika Anda dari arah Surabya, Anda akan melewati daerah karanglo. Terdapat pabrik rokok b*nto*l di pojok, belok arah kanan. Ikuti jalan sampai menemui pertigaan pos polisi, belok kiri. Ikuti jalan maka Anda akan menemukan pertigaan di ujung jalan, itu adalah pertigaan pendem, belok kiri. Ikuti jalan dan bersiaga untuk gerbang TRS yang ada di arah kiri.

Jika Anda dari pusat kota Malang, ikuti jalan menuju arah Batu sampai melewati terminal Landungsari (kiri jalan) dan Universitas Muhammadiyah Malang (kanan jalan). Ikuti jalan dan bersiagalah untuk gerbang TRS yang ada di kanan jalan.

Songgoriti dan Selecta
Dua lokasi ini juga menawarkan rekreasi kolam renang umum, dengan nilai tambah pemandangan alam+udara yang dingin. Lokasi secara umum berada di dekat pusat kota Batu. Sebelumnya, Anda perlu menuju ke arah alun-alun kota Batu jika Anda dari arah Malang atau Surabaya. BTW, alun2 kota Batu juga menawarkan sedikit wisata, yaitu der mullen dan permainan air mancur. Setelah sampai di sini, untuk menuju ke Selecta ikuti jalan sampai menemukan perempatan yang terdapat vihara/klenteng di pojok, belok kanan (ikuti traffic light!). terus ikuti jalan kira2 2-3 km.

Untuk Songgoriti, di perempatan terus lurus (jangan lupa ikuti traffic light!). Anda akan menemukan perempatan lagi, terus lurus seperti mau ke arah Pujon/Kediri. Anda akan menemukan pom bensin di pojok, belok kanan dan terus ikuti jalan. Anda akan menemukan pertigaan dengan pos DLLAJ di dekatnya, ikuti jalan turun ke arah kanan. Tidak jauh dari sana Anda akan menemukan gerbang TR Songgoriti.


Kampung Lumbung
Lokasi wisata ini tergolong baru dan cukup terkenal di kalangan turis asing. Cek saja dulu di: tripadvisor, karena saya pun belum tahu banyak.

Lihat pula

No comments:

Post a Comment