Friday, September 9, 2011

Berkontribusi lewat internet

Internet, selain dapat dijadikan sebagai media untuk mencari uang (dollar), media ini juga masih punya segudang manfaat lainnya. Salah satunya adalah berkontribusi dengan membagi pengetahuan atau informasi. Berikut adalah beberapa alternatif pilihan di antaranya:

Blogging
    Untuk yang satu ini nggak usah saya bahas panjang2. Saya sendiri baru pemula di dunia blog. Kalo memang tertarik, sudah banyak buku yg ngebahas tentang memulai sebuah blog. Aku cuman maw bahas plus, minus-nya aja.

    Plusnya blog itu, everlasting + bisa di re-write. Selain itu ngeblog juga pas buat yang males belajar tag2 html/css yang ribet buat pemformatan tulisan, soalnya udah banyak sistem blog gratisan seperti wordpress dan blogger.com yg tinggal dipake aja. Minus-nya: blogger kudu aktif nge-promo-in sendiri kalo pengen dibaca banyak orang. Tips-nya: tulis aja tulisan yang jadi passion loe, misal tentang anime, korea-pop, game pc/ps, resep masakan, otomotif, de el el.

    Update: ada juga jenis blog yg lebih mudah dan menarik: Photo blogging. Intinya ya bikin jepretan, trus diunggah ke blog. Mirip2 wall photos di FB gitu deh.

    Ngaskus (kaskus.us)
      Kalo yang ini mirip aja sama nge-blog, jadi langsung ke plus poin-nya aja: bisa dipastikan banyak yang bakal baca artikelmu, asal pinter2 cari judul + penempatan kategori yg pas. Trus gampang bgt dapet komen dari pembaca, soalnya nih situs udah populer bgt di Indonesia (paling enggak dapet komen sundul-an lah). Minus-nya: maw nggak maw kudu liat2 postingan orang, biar tahu tag2 pemformatan di kaskus, contohnya kayak2 [show] gitu2 deh.

      Bikin tutorial
        Maksudnya ya bikin artikel tutorial yang bisa di-donlot, istilah kerennya: bikin pdf-an. Plus poin-nya, kamu bisa tulis secara offline. Baru kalo udah manteb, tinggal upload. Minus-nya: kalo nyang ini, nggak ada jaminan kapan tulisan kamu bakal dipampang di web-nya sono. Aku belum pernah nyoba, dulu ada situs yang namanya http://ilmukomputer.org. Ada juga yang pernah aku buka, http://www.oke.or.id, tapi dulu servernya sering down/berat.

        Reviewer
          Ini yang aku rekomen, khususnya buat kamu2 yang hobi travelling (atawa para backpacker). Loe bisa nulis review tentang tempat yg pernah kamu kunjungi. Bedanya ama ngeblog (sebut aja plus poin-nya), review loe bakal dikategorikan berdasasarkan tempat-nya, contoh tempat wisata di kota Bandung. Minusnya: yang aku tahu cuman situs http://www.tripadvisor.com, yang mana dibuat dalam bahasa inggris. Kalo pembaca ada yang tahu situs sejenis dalam bahasa indonesia, boleh share sama kita2.

          (+) Ada juga review software kayak di http://www.download.com, atau review buku di http://www.goodreads.com (kalo yang ini, meskipun interface-nya bahasa inggris, tapi isinya udah banyak di-invasi sama pengguna berbahasa indonsia).

          Translator
            Nyang ini hanya untuk yang bener2 kurang kerjaan, yaitu menerjemahkan User Interface dari bahasa inggris ke bahasa indonesia. Nyang ku-tahu cuman buat UI-nya wordpress (http://translate.wordpress.com/projects/wpcom). Wikipedia juga ada, tapi lebih bikin pusing lagi...

            Geo-tagger
              Kalo yang ini, cocok buat yang punya hape smart (ada gps-nya). Maksudnya adalah "main2" pake koordinat GPS. Kalo google maps, bisa bikin nama2 jalan atawa lokasi2 tertentu. Dan yang terakhir ini, bisa di-mainin lewat pc. (conto:http://maps.google.com/maps/ms?msa=0...db7a8acba71221)

              Lengkapnya lihat sendiri di: http://www.foursquare.com, atawa http://maps.google.com/

              Youtube
                Nyang ini, buat yang pengen narsis macam si udin atawa sinta-jojo. Bikin aja music cover, trus diunduh di youtube. Sarat minimal, punya webcam atawa hape kamera canggih. Bisa juga bikin video tips masak, tutorial komputer, dll. The sky the limit!

                Ringkasan

                No comments:

                Post a Comment