Friday, July 20, 2012

Kompasiana: Sebuah Blog Partisipatif

Belakangan ini saya jarang menulis di blog ini ya? Hehehe.. Mohon maaf kalo begitu. Alasan saya (jelas) tidak sama dengan Bang Raditya Dika, yakni karena banyaknya kesibukan syuting. Alasan saya adalah karena saya lebih sering tulis di blog saya yang satunya, plus belakangan lebih sering browsing di Kompasiana.


Apa sih Kompasiana itu?
Pada dasarnya Kompasiana itu adalah tempat untuk menulis. Namun berbeda dengan blog pada umumnya, Kompasiana lebih bersifat seperti Blog Portal. Bagi sebagian dari kita, mungkin lebih akrab dengan Kaskus. Fungsinya sih lebih kurang sama. Di dalamnya terdapat pengkategorian tulisan (room), dan juga terdapat aturan2 yang harus dijadikan panduan dalam menulis. Kalo bedanya, Kompasiana dibangun menggunakan Sistem Blog Wordpress (sama dengan Blogdetik), sedangkan Kaskus dibangun menggunakan sistem Forum (Bulletin Board). Bedanya dengan blog pada umumnya, dan ini bisa masuk kategori Kekurangan Kompasiana, (sejauh yang saya tahu) pengguna tidak bisa melakukan kustomasi tampilan (kecuali tampilan profil), yang mana bisa dilakukan di Sistem Blogdetik.

My personal opinion, saya cukup menyukai sistem situs ini. Cara mendaftarnya mudah, apalagi kalo ingin membuat tulisan baru. Situs ini sangat saya rekomendasikan bagi Anda2 semua, lebih2 yang sudah lama ingin memulai menulis, tetapi tidak ingin direpotkan dengan pengaturan sistem yang rumit. Walaupun demikian, situs ini secara fungsional tidak jauh berbeda dengan sistem Kaskus. Yang cukup berbeda dengan situs tersebut antara lain di Kompasiana terdapat fitur Tulisan Terbaru. Pengkategorian di Kompasiana pun cukup lengkap, tidak seperti di Kaskus yang Room Edukasi aja nggak ada (atau belum saya temukan). Yang berbeda lagi, Kompasiana memfokuskan penggunaan pada tipe tulisan Reportase atau Opini. Jadi (menurut saya) situs ini kurang cocok untuk berjualan secara online, berbeda dengan situs2 lain yang sudah saya sebut di atas. Pemformatan tulisan di Kompasiana juga mudah digunakan, sedangkan kaskus "relatif" lebih sulit, karena menggunakan tag2 khusus. Saya juga sangat menyarankan situs ini buat pembaca yang sudah kecewa setelah mencoba menjadi kontributor di Wikipedia Bahasa Indonesia, mengingat WBI merupakan situs Ensiklopedia yang harus mencantumkan banyak referensi dan aturan lainnya.

Terakhir, saya sangat mengharapkan siapa pun Anda untuk mulai membuka dan menulis di situs ini. Karena sebenarnya, si empunya situs tidak mengeluarkan investasi yang sedikit untuk membangun situs tersebut. Padahal kita bisa memanfaatkan-nya secara gratis (di luar ongkos sambungan internet). Sesuai dengan mottonya, Let's Start Sharing and Connecting! Tertarik? Langsung saja buka Panduannya di sini.

No comments:

Post a Comment