Tuesday, April 17, 2012

Indonesian Crowd Funding

Setelah tulisan saya Crowd Funding (Jepang), kali ini saya ingin meng-update bahasan topik ini, khususnya aplikasi yang ada di Indonesia. Seperti yg sudah saya perkirakan sebelumnya, di Indonesia trend ini akan dimulai oleh kaum2 muda kita. Dan benar saja, ternyata metode ini banyak diaplikasikan di dunia perfilman Indonesia beberapa tahun belakangan ini. Berikut saya bahas beberapa proyek yg populer, di antaranya adalah:

Wujudkan.com
Salah satu proyeknya dapat dilihat di Atambua 39° Celsius. Proyek yg diprakarsai oleh Riri Riza ini, sesuai dengan judulnya, akan memotret kehidupan masyarakat Atambua. Sistem crowdfunding diberlakukan secara online dan transparan untuk proyek ini, artinya sekecil apapun donasi yg diberikan akan dicatat dan langsung ditampilkan di situs resmi proyek ini. Catatan: saat menulis post ini, situsnya nggak kebuka2, aneh...

Demi Ucok
Proyek Demi Ucok, yang diprakarsai oleh Samaria Simanjuntak ini juga mencoba menggunakan sistem crowdfunding dengan menggunakan istilah co-producer sebagai pengganti donatur. Sang sutradara, uniknya, menggandeng sang ibu untuk menjadi pemain dalam film ini.

Semoga, trend ini terus berkembang dan semakin memajukan kreativitas anak2 bangsa. Amien...
FYI, bahasan ini saya tulis sebagai dokumentasi dari acara 8-11 Show Metro TV, edisi 18 April 2012.

No comments:

Post a Comment