Wednesday, March 14, 2012

Membuat Situs Web di webs.com

Untuk posting kali ini, saya kepengen men-share pengalaman dalam membuat situs web. Kemarin saya sempat dapat order bikin situs web dan diminta pakai webs.com. Sebelumnya saya nggak tahu apa dan bagaimana cara membuat situs di situs tersebut. Yang saya tahu cuma situs sistem blog (semacam http://www.wordpress.com/ atau http://www.blogger.com/) sama layanan hosting (semacam http://www.000webhost.com/). Tadinya situs ini saya kira juga adalah tipe situs hosting. Ternyata (sama sekali) bukan.

Setelah saya coba daftar, ternyata situs ini memberikan layanan yang mirip dengan sistem blog. Bedanya, situs ini bukan hanya untuk membuat blog, tetapi untuk membuat situs secara umum. Awal pembuatan, Anda diharuskan untuk mengisi nama situs (hosting gratis) yang dikehendaki, mirip sekali dengan membuat blog gratisan. Kemudian, Anda diminta untuk memilih templat yang diisukai, langkah ini juga sama dengan pembuatan blog. Setelah itu barulah muncul perbedaan, Anda akan masuk di halaman desain yang berisi blok-blok modul. Modul2 ini dapat Anda isi dengan teks, atau gambar, atau keduanya.

Sehingga, saya menilai bahwa situs ini cocok untuk Anda yang ingin membuat situs gratisan yang cenderung statis (meskipun ada fasilitas blog, yang bisa di-update, meskipun belum saya coba). Dan lebih cocok lagi untuk Anda yang tidak ingin direpotkan dengan rumitnya skrip HTML, karena tinggal gunakan sistem "drag & drop".

Selamat mencoba! (mohon maaf, screenshot belum tersedia, karena situs tersebut cukup berat loading-nya, maklum situsnya lebih berbasis GUI-Ajax + koneksi saya yg terbatas).

Update: (18 April 2012)
Sudah saya tambahkan screenshot. Tips untuk memakai situs ini: gunakan browser "Google Chrome", karena dgn browser ini Anda tidak perlu repot2 meng-update flash player. Bisa juga menggunakan browser lain, Firefox misalnya, tetapi disarankan untuk menggunakan versi terbaru.

1 comment: