Thursday, December 15, 2011

MP3EI

Sudah tahu tentang MP3EI? Ini adalah kepanjangan dari Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia. Menurut saya, proyek inilah yang harus dijadikan prioritas utama untuk semua mata masyarakat Indonesia setidaknya sampai tahun 2014 mendatang. Ini adalah proyek riil yang selama ini dinilai alpha pada era pemerintahan SBY mulai dari 2004 sampai saat ini. Menurut saya, media dan anggota DPR sudah harus mulai menurunkan permasalahan hukum dan HAM sebagai prioritas utama mereka. Sudah waktunya, setidaknya mulai tahun 2012, bangsa Indonesia mulai menata diri untuk membangkitkan perekonomian riil.

Yang perlu dicatat, bangsa kita ini belum kesemuanya monolitik sebagai masyarakat modern. Ambil contoh saja masih banyak masyarakat adat yang tinggal di desa2 adat, bahkan di pulau Jawa pun masih ada. Mereka2 ini tetap harus dilindungi hak2-nya. Jangan sampai nasib mereka seperti warga Mesuji yg sedang ramai diperbincangkan belakangan ini. Kalau mereka ini diproses berdasarkan aturan hukum, jelas mereka berada di pihak yg lemah. Ibarat lomba cerdas cermat, anak SD berlomba melawan mahasiswa.

Kembali ke topik MP3EI. Diperkirakan terdapat 73 Proyek Infrastruktur yg Butuh Rp359,1. Selain itu juga MP3EI Diperkirakan akan Serap 9,3 Jt Tenaga Kerja. Pendekatan ini adalah satu2-nya pendekatan yang masuk akal (formal) dalam hal membuka lapangan pekerjaan, tidak seperti selama ini di mana pemerintah selalu mengagung2-kan program2 seperti KUR (Kredit Usaha Rakyat) yang notabene justru lebih mengembangkan sektor informal.

Anehnya, Menteri Koordinator Perekonomian Pak Hatta Rajasa mengatakan proyek ini sudah dimulai setidaknya pada bulan Mei 2011. Tetapi kok nggak pernah kedengaran perkembangannya ya? Itulah peran dari media, jangan cuma bahas Gayus, Nazaruddin, sama Angie melulu dong!

No comments:

Post a Comment