Monday, December 12, 2011

Forum Soegeng Sarjadi Syndicate

Tadi malam (Senin, 12 Desember), Pak Soegeng mengundang Menteri Pertanian di acaranya "Forum SSS". Lagi-lagi, bahasannya sangat memberi pencerahan, beda dengan tokoh2 DPR yang banyak berkomentar di tipi selama ini.

Awalnya, Pak Soegeng bercerita kalau beliau merasa lelah dengan pemberitaan yg begitu gegap gempita sepuluh tahun terakhir ini di negeri kita tercinta ini, sehingga bersama TVRI beliau ingin membuat sebuah acara talkshow yg benar2 mengundang para Menteri sebagai narasumber utamanya. Ini terungkap pada acara "Forum SSS" edisi 5 Desember 2011 yang pada waktu itu beliau mengundang dua narasumber yaitu Pak J. Kristiadi dan Pak Hermawan Sulistyo (Pak Kikiek). Sepengetahuan saya, edisi ini merupakan edisi perdana dari acara ini. Topik yang diangkat adalah: "Presiden versus Menteri2-nya". Kata beliau2 sih, sebetulnya para periset di negara kita sudah banyak melakukan kajian baik dalam bidang hukum maupun pembangunan, namun selama ini belum mendapat perhatian dari pihak pemerintah. Pak Kristiadi sendiri mengakui bahwa Ia sudah memiliki kajian tentang UU apa saja yg harus diprioritaskan, dan kenyataannya hasil kajian tsb cukup berbeda dengan yg ada di Prolegnas saat ini.

Pada edisi kemarin (tayang Senin, 12 Desember), topik yg diangkat adalah tentang "Pertanian sebagai cara menuju negara Adidaya" (saya simpulkan sendiri kata2-nya, karena tidak saya catat). Narasumber yang diundang adalah Menteri Pertanian, Pak Suswono, Utusan Presiden masalah rakyat miskin, Pak Dillon, dan Ketua Asosiasi Pedagang Bawang, Ki Ageng Anggara. Inti bahasannya adalah: Maukah pemerintah dan segenap rakyat Indonesia untuk menggunakan pertanian sebagai cara menuju negara adidaya, yaitu dengan meningkatkan PDB yg akan menjadikan Indonesia di negara ke-9 negara2 anggota G20?

Iseng2 cari di google, ternyata acara ini adalah tayang ulang dari edisi November 2011. Cek aja di http://www.youtube.com/watch_popup?v=x1I6tTJi7xY.

Update
Ada beberapa info tambahan yang saya dapat. Pertama, acara ini punya akun twitter di http://twitter.com/ssforum_tvri. Tayangan premier-nya (yang penting malah lupa ditulis) setiap hari Senin pkl. 21.00 di TVRI. Untuk mengintip topik yang akan dibahas bisa diintip di akun twitter-nya itu. Kemudian, saya pernah melihat tayangan ulang acara ini di hari Rabu pkl.16.30 WIB dan Minggu pkl. 17.30 WIB.

No comments:

Post a Comment