Monday, November 14, 2011

Bahasa Inggris: Kesalahan Mendasar

Kali ini saya ingin menulis tentang pelajaran Bahasa Inggris. Yang mau belajar sama2, ayo kita mulai. Di tulisan pertama ini, saya ingin menuliskan tentang kesalahan yang membuat kemampuan berbahasa Inggris kita macet, enggak berkembang2.
  1. Di sekolah, fokus pembelajaran adalah pada Grammar. Grammar atau susunan kalimat adalah hal utama yang menyulitkan pelajar Indonesia untuk bisa berbahasa Inggris dengan baik. Yang lucu lagi, menurut guru saya, di Indonesia terdapat 16 tenses, padahal di negerinya sono cuma ada 12 tenses, aneh kan? Jadi kalo pengen cepet bisa berbahasa Inggris, ubah dulu pola pikir Anda: Jadikan latihan speaking sebagai fokus pembelajaran Anda.
  2. Belajar dari buku. Namanya saja belajar berbahasa, kan ada dua ragam bahasa: bahasa tulis dan bahasa lisan. Untuk hal ini pun, di sekolah (bahkan sampai universitas) kita dipapar terus-menerus dengan ujian tulis, termasuk TOEFL. Menurut saya, belajar bahasa itu seperti berlatih tinju, sangat perlu yg namanya lawan tanding (Inggris: sparring partner).
Setuju nggak? Berikutnya, akan saya bahas tentang pronunciation. Tunggu tanggal mainnya ya, hehehe...

No comments:

Post a Comment